November 30, 2019

Sosialisasi Teknologi Sistem Fertigasi Hemat Air, Pupuk dan Energi pada Budidaya Sayuran

Minat masyarakat terhadap pertanian mulai meningkat seringi dengan berkembangnya trend urban farming. Desa Cilayung, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang merupakan salah satu contoh desa yang mengalami perkembangan yang pesat, berdekatan dengan lokasi pendidikan, pembangunan infrastruktur yang signifikan telah mendorong terjadinya perubahan penggunaan lahan yang cukup banyak dari lahan pertanian ke lahan peruntukan lainnya termasuk ekonomi dan jasa.

Tim pelaksana kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang di ketuai oleh Prof. Dr. Nurpilihan Bafdal, Ir., M.Sc dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran mengadakan Sosialisasi Teknologi Fertigasi Hemat Air, Pupuk dan Energi pada Budidaya Sayuran yang dilaksanakan di SMP Negeri 3 Jatinangor. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pemanfaatan teknologi fertigasi hemat air, pupuk dan energi.

Sistem teknologi fegetasi hemat air, pupuk dan energi merupakan pemberian pupuk dan air irigasi sesuai kebutuhan tanaman secara otomatis dan bersamaan tanpa menggunakan listrik dan pompa. Sistem seperti ini cocok diterapkan di lingkungan perkotaan dan bahkan sangat mendukung konsep pertanian berkelanjutan. Pengetahuan mengenai pemanfaatan teknologi ini sangat penting bagi masyarakat dalam melakukan kegiatan pertanian terutama pada lahan pertanian terbatas dan kondisi yang tak menentu.

Artikel terkait