November 18, 2019

Sosialisasi Produksi dan Pengolahan Benih Tomat di Jatinangor Sumedang

Saat ini di Indonesia melalui Balai Penelitian Tanaman Sayuran telah dilepas jenis tomat yang toleran terhadap suhu tinggi tetapi belum banyak dikenal oleh masyarakat umum sehingga perlu adanya kegiatan sosialisasin sebagai upaya mendiseminasikan varietas unggul baru yang memiliki sifat lebih batik dari yang ada sebelumnya. Varietas baru ini masih terbatas ketersediaan benihnya sehingga perlu melakukan pendampingan bagi masyarakat untuk teknologi produksi dan pengolahan benih tomat varietas unggul baru tersebut.

Tim pelaksana kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang diketuai oleh Dr. Hj. Anne Nuraini, Ir., M.S dari Fakultas Pertanian Unpad mengadakan sosialisasi dan pelatihan mengenai produksi dan pengolahan benih tomat di Desa Cileles, Jatinangor. Kegiatan ini bertujuan tuntuk meningkatkan wawasan masyarakat tentang pentingnya penggunaan benih varietas unggul baru serta bagaimana cara produksi tomat baik untuk dipanen berupa buah segar maupun diambil benihnya, selain itu masyarakat Cileles diberikan informasi mengenai jenis-jenis varietas tomat yang beredar di pasaran serta sifat-sifat unggul dari varietas tersebut.

Kegiatan sosialisasi penyuluhan diikuti sekitar 30 orang yang terdiri dari masyarakat dari masing-masing RW yang dilaksanakan di lokasi demplot percontohan milik warga. Dalam pelaksaan kegiatan, para peserta aktif bertanya dan menyampaikan harapan jangka panjang untuk budidaya serta pemasaran tomat varietas unggul bernilai jual tinggi

Artikel terkait