November 28, 2019

Sosialisasi Potensi Tumbuhan Chisocheton machrophylllus Sebagai Obat Herbal di Kampung Galudra Cimalaka, Sumedang

Berbagai jenis obat herbal dikenal secara luas untuk mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker. Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati nomor dua di dunia setelah Brazil, terdapat sekitar 30.000 jenis tanaman dan 7.000 diantaranya memiliki khasiat obat. Salah satu tanaman yang memiliki potensi mengandung senyawa antikanker adalah tanaman famili Meliaceae yang dapat ditemukan di daerah tropis dan subtropis, terdiri dari 50 genus dan 575 spesies. Tanaman dari famili Meliaceae telah diketahui kaya akan metabolit sekunder seperti sterol, terpenoid, dan alkaloid yang memiliki aktivitas biologi seperti antikanker, antibakteri, antifungi, antimalaria, antivirus, dan aktivitas lainnya. Genus Chisocheton merupakan genus terbesar kedua dari famili Meliaceae terdiri dari 50 spesies, tersebar di India, Vietnam, Myanmar, Brunei, Filipina,Cina, Thailand, Indonesia, Malaysia, dan Papua Nugini.

Hasil survey menunjukkan bahwa belum semua masyarakat di Kampung Galudra mengenal tumbuhan Chisocheton dan manfaat tumbuhan ini untuk kesehatan.Mata pencaharian penduduk Kampung Galudra itu sendiri adalah petani, peternak ayam, sapi dan pedagang. Oleh karena itu pada program pengabdian masyarakat ini ditunjukkan untuk penduduk desa Sayang untuk menambah wawasan tentang manfaat daun Chisocheton macrophyllus untuk kesehatan, terutama potensinya sebagai antikanker, cara bercocok tanam tanaman kelor dan peluang bisnis tanaman kelor beserta produk olahannya.

Maka dari itu dilakukanlah kegiatan pengabdian yang diinisiasi oleh Dr. Shabarni Gaffar, M.Si. ,Dr. Nurlelasari, Safri Ishmayana, M. Si dan juga melibatkan mahasiswa dari fakultas Kedokteran, Peternakan dan MIPA berupa sosialisasi potensi tumbuhan Chisocheton machrophylllus sebagai obat herbal di Kampung Galudra Cimalaka, Sumedang.

Tim memberikan informasi ke masyarakat tentang manfaat obat herbal untuk memelihara kesehatan dan mengobati penyakit, cara mengkonsumsi, dan efek samping obat herbal serta pengenalan peluang bisnis tanaman herbal. Selain itu pada PPM ini juga dilakukan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan bidang kajian mahasiswa, yaitu penyuluhan tentang kegunaan email dan manfaat minum susu kepada siswa SD dan edukasi tentang penyakit hipertensi pada ibu-ibu.

Setelah dilakukan nya program ini diharapkan untuk masyarakat di Kampung Galudra Cimalaka, Sumedang dapat memanfaatkan tumbuhan Chisocheton machrophylllus sebagai obat herbal dan juga dapat dijadikan produk untuk di jual belikan.

Artikel terkait