August 23, 2019

Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Remaja dan Masyarakat Sekitar Kampus Unpad Jatinangor dalam Pencegahan Tindak Kekerasan Terhadap Remaja

Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Padjajaran yang diketuai oleh Dra. Binahayati Rusyidi, MSW., Ph.D  dengan beranggotakan Antik Bintari, S.IP. MT.; Dr. Herry Wibowo, S.Psi.,MM.; Dr. Nunung Nurwati; dan Sahadi Humaedi, S.Sos., M.Si. melakukan kegiatan pengabdian sosialisasi untuk meningkatkan kapasitas remaja dan masyarakat sekitar kampus Unpad Jatinangor dalam pencegahan tindak kekerasan terhadap remaja. Kegiatan ini dilakukan di Desa Jatiroke, Kecamatan Jatinangor, Sumedang pada tanggal 1-31 Juli 2019.

Adapun tahapan-tahapan dalam kegiatan pengabdian ini adalah sebagai berikut: Tahap Awal yang terdiri dari pembukaan acara oleh Kepala Desa Jatiroke, pemetaan desa, wawancara mengenai keadaan desa dengan masyarakat untuk mengetahui permasalahan yang ada di desa, diskusi hasil wawancara, merancang kegiatan yang akan diadakan di desa, dan fiksasi kegiatan yang akan dilakukan di desa.

Tahap Pelaksanaan terdiri dari lokakarya bersama kepala desa, persiapan acara penyuluhan dan workshop, menyebarkan undangan acara, kemudian acara penyuluhan dan workshop. Tahap Akhir terdiri dari penutupan PPMD Integratif, dan pelaporan PPMD Integratif.

Dengan diadakannya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan sikap remaja dan masyarakat  yang ditunjukkan dengan penolakan setiap bentuk tindak kekerasan dalam pacaran dan pelecehan seksual di lembaga pendidikan dan wilayah publik serta  dukungan  untuk membantu korban mendapatkan perlindungan dan keadilan, meningkatkan kapasitas remaja  dan masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang bertujuan mencegah tindak kekerasan dalam pacaran dan pelecehan seksual, serta meningkatkan rasa percaya diri dan kapasitas remaja  dan remaja dalam pencegahan tindak kekerasan di kalangan remaja.

Artikel terkait