December 3, 2019

Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Produk Berbasis Pisang di Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

Kecamatan Jatinangor merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sumedang. Di Daerah ini banyak terdapat pengusaha aneka camilan. Dalam rangka meningkatkan variasi produk, maka perlu diperkenalkan produk aneka camilan lain berbahan baku buah pisang. Diharapkan dengan bertambahnya variasi produk aneka camilan dapat memperluas pangsa pasar produk unit usaha tersebut. Beberapa produk aneka camilan yang telah diproduksi oleh unit usaha aneka camilan di Kecamatan Jatinangor masih memiliki kekurangan dalam hal pengemasan dan pelabelan, dimana teknik pengemasan yang digunakan masih sederhana yaitu menggunakan hekter dan belum diberi label. Hal ini menyebabkan perlindungan produk belum optimal dan kurang menarik konsumen.

Dari uraian di atas maka tim pengabdian Unpad yang beranggotakan Yana Cahyana, STP., DEA., Ph.D. ,Herlina Marta, STP., M.Si. NIDN.,Dr. Edy Subroto, STP., MP. melakukan kegiatan PPM untuk meningkatkan pendapatan pelaku usaha aneka camilan di Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini juga diikuti oleh mahasiswa sebanyak Unpad dimana mereka dapat terlibat dalam kegiatan penyuluhan dan pendampingan kepada mitra PKM.

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan manfaat/potensi buah pisang sebagai bahan baku olahan pangan serta cara pengolahan buah pisang menjadi berbagai produk aneka camilan; menambah variasi produk olahan aneka camilan berbahan baku buah pisang pada masyarakat sasaran; memperbaiki pengemasan produk olahan aneka camilan unit usaha sasaran sehingga lebih menarik dan optimal melindungi produk sehingga dapat mengurangi produk return, dan mengembangkan usaha dan meningkatkan pendapatan unit usaha sasaran.

Metode yang diterapkan pada pelatihan ini antara lain berupa penyuluhan mengenai beberapa teori yang mendukung (CPPB-IRT, potensi dan komposisi pisang, cara pengolahan pisang menjadi berbagai produk olahan pangan, cara pengemasan yang baik), praktek pengolahan pisang menjadi produk olahan pangan dan pendampingan pengolahan pisang. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah antara lain: Peningkatan pengetahuan dan keterampilan unit usaha sasaran mengenai potensi dan cara pengolahan buah pisang; terciptanya variasi produk olahan aneka camilan berbahan baku buah pisang, kemasan produk aneka camilan unit usaha mitra lebih menarik dan optimal melindungi produk sehingga mengurangi produk return.
Kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan/ mengembangkan kapasitas usaha dan meningkatkan pendapatan unit usaha aneka camilan yang menjadi kelompok sasaran di Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang.

Artikel terkait