Prof. Dr. Ir. Lovita Adriani, MS.

Calon Promotor Padjadjaran Doctoral Scholarship Tahun 2021

Nama Lengkap : Prof. Dr. Ir. Lovita Adriani, MS.

E-mail: lovita@unpad.ac.id

Bidang Keahlian : Nutrisi Ternak dan Teknologi Pakan

Scopus Author ID : 55554457300

Prodi S3 Calon Mahasiswa:
Ilmu Peternakan – Fakultas Peternakan

Judul Penelitian yang Ditawarkan:
APLIKASI PROBIOTIK KERING TERHADAP PRODUKTIVITAS DOMBA DAN AYAM BURAS DI DESA MIRAT, KECAMATAN LEUWIMUNDING, KABUPATEN MAJALENGKA

DRIED PROBIOTICS APPLICATION ON PRODUCTIVITY OF SHEEP AND DOMESTIC CHICKEN IN MIRAT VILLAGE, LEUWIMUNDING, MAJALENGKA

Abstrak:
Peternakan integrasi umumnya memanfaatkan limbah pertanian atau limbah peternakan yang memiliki potensi sebagai sumber bahan pakan ternak. Pembangunan peternakan integrasi mampu mengoptimalkan sumber daya yang ada di suatu daerah dan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat desa. Desa Mirat merupakan salah satu desa di Kabupaten Majalengka yang memiliki potensi besar dalam sektor pertanian dan sub sektor peternakan. Potensi komoditas peternakan yang ada di Desa Mirat salah satunya domba yang berpotensi untuk diintegrasikan dengan limbah pertanian berupa jerami padi. Salah satu upaya peningkatan produktivitas ternak domba dapat memanfaatkan feed additive berupa probiotik kering sebagai fermentor dalam proses pembuatan pakan berupa silase probiotik jerami padi. Pemberian probiotik kering dalam fermentasi jerami padi diharapkan mampu mempercepat pembentukan asam laktat dan menghasilkan nilai akhir pH sekitar 4. Pemberian silase probiotik jerami padi terhadap ternak domba diharapkan mampu meningkatkan produktivitas ternak, meningkatkan kecernaan, dan memperbaiki profil darah. Pemanfaatan limbah lainnya dari peternakan integrasi yang memiliki potensi salah satunya adalah kotoran ternak. Pemanfaatan feses domba melalui proses pengolahan menjadi ketersedian bahan pakan alternatif ayam burasProbiotik kering dapat dijadikan sebagai inokulum dalam proses fermentasi.

Tujuan khusus dari penelitian ini pada tahun pertama mengidentifikasi wilayah geografis, unsur sektor pertanian dan sub sektor peternakan yang mendukung suatu sistem integrasi tani-ternak. Pada tahun kedua bertujuan untuk meningkatkan produktivitas ternak domba yang ada di Desa Mirat dengan pemberian pakan berupa silase probiotik jerami padi. Jerami padi akan dikumpulkan dari limbah pertanian yang terdapat di Desa Mirat. Sedangkan tujuan pada tahun ketiga adalah meningkatkan produktivitas ayam buras yang ada di Desa Mirat dengan diberikan bahan pakan alternatif berupa tepung feses domba. Metode penelitian pada tahun pertama mengidentifikasi informasi dari data primer dan sekunder, sehingga menghasilkan deskripsi mengenai potensi unsur-unsur yang mendukung terjadinya peternakan terintegrasi. Selain itu, akan dilakukan percobaan pembuatan silase probiotik jerami padi dengan metode eksperimental Rancangan Acak Kelompok yang di uji secara Anova dan Duncan, sehingga akan menghasilkan informasi mengenai pengaplikasian probiotik kering terhadap silase probiotik jerami padi. Pada tahun kedua akan dilakukan penelitian feeding trial silase probiotik jerami padi pada ternak domba yang ada di Desa Mirat. Percobaan pembuatan tepung feses domba yang difermentasi menggunakan probiotik kering sebagai bahan pakan alternatif ayam buras akan dilakukan pada tahun kedua. Pada tahun ketiga akan dilakukan feeding trial tepung feses domba pada ternak ayam buras yang ada di Desa Mirat menggunakan metode eksperimental Rancangan Acak Kelompok yang di uji secara Anova dan Duncan. Kata Kunci : ayam buras, Desa Mirat, domba, limbah pertanian, probiotik kering.