February 8, 2005

Pornografi dalam Iklan: Analisis Isi Iklan Majalah dan Tabloid Remaja di Indonesia

Fajar Syuderajat, S.Sos., Yanti Setianti, S.Sos dan Aang Koswara, S.Sos

Fakultas FIKOM, Sumberdana DIKS, Tahun 2005

Judul penelitian ini adalah “Pornografi dalam Iklan: Analisis Isi Iklan dalam Majalah dan Tabloid Remaja di Indonesia.” Tujuan yang dirumuskan (1) mengetahui bagaimana bentuk-bentuk iklan-iklan yang dimuat dalam majalah dan tabloid remaja di Indonesia yang mengandung pornografi, (2) menggali makna di balik iklan-iklan tersebut. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis, Bentuk iklan yang dimuat masih berada pada garis abu-abu antara pornografi dengan karya seni. Makna yang eksplisit adalah persoalan gaya hidup global sedangkan yang implisit adanya kecenderungan tindakan seksual yang permisif. Saran penelitian ini adalah pemerintah agar membuat regulasi dengan melibatkan banyak pihak sehingga nantinya undang-undang yang dihasilkan mampu dengan jelas membedakan mana bentuk yang mengandung pornografi pornoraksi dengan yang tidak. Kemudian, undang-undang tersebut dapat diterapkan secara tegas dengan dukungan hukum positif yang ada. Selain itu sangat penting juga adanya pendidikan sex bagi remaja

Artikel terkait