October 25, 2010

Pola Efektif Pengajaran Pronominal Non-Asertif Bahasa Inggris

Prof. Dr. Davidescu Cristiana, MA. Prof.Dr. Dudih A. Zuhud, MA Fakultas: SASTRA Sumberdana: HIBAH TIM PASCA SARJANA Tahun: 2010 Abstrak: Penelitian ini berjudul Pola Efektif Pengajaran Pronomina Nonasertif Bahasa Inggris. Penelitian ini mengajar empat masalah, yaitu : (1) jenis pronomina nonasertif apa saja yang muncul dalam kalimat bahasa Inggris, (2) pada jenis klausa dan kalimat apa saja muncul pronomina nonasertif dan perilaku sintaktis dalam klausa dan kalimat bahasa Inggris, (3) makna apa saja yang dimunculkan oleh pronomina nonasertif dan unsure apa saja mempengaruhi makna tersebut, (4) pola pengajaran yang mana yang paling efektif untuk pengajaran pronomina non asertif bahasa Inggris. Data dijaring dari lima buah novel berbahasa Inggris dan beberapa jurnal berbahasa Inggris. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: (a) jenis pronomian nonasertif yang ditemukan adalah pronomina nay, any gabungan, dan frasa any, (b) pronomian nonassertive ini dapat muncul dalam kalimat afirmatif, negative, interogatif, dan klausa kondisional, komparatif, temporal, dan konsesif, (c) berdasarkan fungsi sintaktisnya, pronomina nonasertif mengisi fungsi subjek, objek, komplemen, dan keterangan. Makna yang dikandung dalam pronomina ini adalah (i) makna universal, (ii) makna eksistensial, (iii) makna unitary, dan (iv) makna nonspesifik. Kata kunci:

Artikel terkait