October 25, 2009

Pola Efektif Pengajaran Pronominal Non-Asertif Bahasa Inggris

Prof. Dr. Davidescu Cristiana, MA. , Prof.Dr. Dudih A. Zuhud, MA, Fakultas: SASTRA Sumberdana: HIBAH TIM PASCA SARJANA Tahun: 2009 Abstrak: Penelitian ini berjudul Pola Efektif Pengajaran Pronomina Nonasertif Bahasa Inggris dan mengkaji pronomina nonasertif dalam bahasa Inggris sebagai salah satu bentuk pronomina taktakrif. Masalah yang dibahas adalah: (1) pada jenis kalimat apa saja any muncul sebagai pronomina nonasertif, (2) bagaimana perilaku sintaksis any dalam kalimat bahasa Inggris, (3 bagaimana unsur any mengacu secara gramatikal dalam kalimat majemuk, (4) pola pengajaran apa yang dapat digunakan secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan teknik kajian distribusional. Pronomina nonasertif dipilah berdasarkan bentuk, fungsi, acuan, dan perilaku sintaksisnya dalam kalimat tunggal dan dalam kalimat majmuk. Sumber data berasal dari bahasa Inggris tulis yang diambil dari berbagai jenis genre seperti cerpen dan novel. Data tersebut dijadikan data utama sedang data pendukung diambil dari surat kabar. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan adanya tiga kelompok pronomina nonasertif, yaitu sebagai (a) penggolong, (b) pemarkah, dan (c) determinator. Pronomina nonasertif sebagai penggolong selalu dilekati unsur-unsur tertentu seperti

Artikel terkait