October 24, 2010

Perbedaan Persepsi antar Mahasiswa Senior dan Junior Mengenai Profesi Akuntasin pada Program S-1 Reguler (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran)

Dr. Poppy Sofia Koeswayo, MSA Hj. Sri Mulyani, SE., M.Sui., Ak Tettet Fitrijanti, SEW.,M.Si., Ak. Fakultas: EKONOMI Sumberdana: LITMUD Tahun: 2010 Abstrak: Dalam suatu pendidikan akuntansi, umumnya mahasiswa diberikan pemahaman me-ngenai akuntansi sebagai ilmu, karir, profesi, dan aktivitas berkelompok. Terdapat perbedaan yang nyata pada mahasiswa yang baru mengenali akuntansi dengan mahasiswa yang telah memahami akuntansi. Perbedaan persepsi terhadap profesi akuntan terjadi akibat hal ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai perbedaan persepsi mahasiswa junior dan mahasiswa senior terhadap profesi akuntan . Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, sampel menggunakan metode random sampling terhadap mahasiswa junior dan mahasiswa senior. Data dianalisis sengan uji hipotesis beda rata-rata. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan mengenai persepsi mahasiswa mengenai profesi akuntasi secara gabungan, namun apabila ditinjau per-item per-tanyaan, maka terdapat perbedaan signifikan untuk persepsi mahasiswa mengenai akuntansi sebagai bidang ilmu, kesukaan terhadap akuntansi, dan dukungan keluarga terhadap profesi akuntansi Kata kunci: Pendidikan akuntansi, profesi akuntan, persepsi

Artikel terkait