October 25, 2008

Penyelesaian Pengaduan Nasabah dalam Kasus Pembatasan Tanggung Jawab Pihak Bank di dalam Aplikasi Baku Pengiriman Dana (Transfer) Berdasarkan Peraturan Bank Indonesia

Tri Handayani, SH., MH, Wanodyo Sulistyani, SH., MH, Abi Ma’ruf Radjab, SH Fakultas: HUKUM Sumberdana: LITMUD Tahun: 2008 Abstrak: Bank merupakan badan usaha yang mempunyai peran yang sangat strategis, yaitu sebagai lembaga intermediasi. Dalam menjalankan operasionalnya, bank dapat juga menyediakan jasa layanan untuk transaksi keuangan bagi konsumennya (nasabah), salah satunya jasa kiriman uang. Penggunaan jasa kiriman uang oleh nasabah didasari oleh suatu perjanjian pengiriman uang atau transfer, dalam perjanjian ini mengandung suatu amanat yang diberikan oleh nasabah untuk disampaikan oleh Bank kepada pihak penerima uang. Untuk mempercepat proses layanan perbankan dan persaingan usaha maka, dalam pembuatan perjanjiannya telah dibuat dalam format yang lebih praktis, yaitu telah disiapkan syarat-syarat yang sudah distandarkan dalam suatu format perjanjian dan telah dicetak, berupa formulir untuk kemudian diberikan kepada nasabah untuk disetujui (ditandatangani). Format perjanjian tersebut bersifat baku, karena baik perjanjian maupun klausul tersebut tidak dapat dan tidak mungkin dinegosiasikan atau ditawar-tawar. Tidak adanya pilihan bagi salah satu pihak dalam perjanjian ini cenderung merugikan nasabah. Berdasarkan penelitian dan pembahasan praktek-praktek pelaku usaha dalam menjalankan usahanya, dapat ditarik simpulan ternyata masih ada pelaku usaha yang belum memahami atau menerapkan ketentuan-ketentuan yang berlaku, dalam hal ini ketentuan tentang larangan pembuatan dan pencantuman klausul baku pada setiap dokumen dan/atau perjanjian, khususnya pencantuman klausul pengalihan tanggung jawab sebagaimana telah diatur oleh Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Dalam penelitian ini kami juga menemukan beberapa permasalahan yang terjadi antara nasabah dengan bank yang dapat dijembatani persoalannya oleh pemerintah dengan dikeluarkannya Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/7/PB/2005 tentang Penyelesaian Pengaduan Nasabah Kata kunci: Badan usaha, persaingan, negosiasi

Artikel terkait