December 5, 2019

Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Dan Aktivitas Fisik Siswa MAN 2 Kota Bandung Sebagai Upaya Mencapai Tinggi Tubuh Ideal Pada Remaja

Masa remaja merupakan masa transisi dari masa anak – anak menjadi masa dewasa. Berbagai fase pertumbuhan dan perkembangan mulai dari pertambahan tinggi dan berat tubuh, perubahan komposisi tubuh, perubahan psikologis, dan perkembangan seks sekunder terjadi pada masa ini. Salah satu fase penting yang masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia adalah lonjakan pertumbuhan. Lonjakan ini dapat dimodifikasi melalui faktor nutrisi dan aktivitas fisik. Apabila kebutuhan nutrisi yang seimbang dan aktivitas fisik tidak terpenuhi, masalah kesehatan yang dapat mengancam generasi remaja adalah tubuh pendek atau stunting.

Kegitann ini dilaksanakan di MAN 2 Kota Bandung, lantaran adanya antusiasme sekolah untuk membangun sekolah sehat. Selain itu, pemilihan juga didasarkan dari sudah ada atau belumnya penyuluhan pada sekolah tersebut. Maka dari itu, dalam kegiatan KKN ini dilakukan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan mengenai gizi seimbang dan aktivitas fisik yang mendukung pertumbuhan masa remaja.

Adapun permasalahan yang dimiliki MAN 2 Kota Bandung yaitu tingkat pengetahuan terhadap gizi seimbang dn aktifitas fisik dinilai masih kurang dan jajanan yang di miliki MAN 2 Kota Bandung belum sesuai dengan rekomendasi asupan gizi seimbang. 

Maka dari itu Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Padjadjaran (Unpad) yang diketuai oleh Dr.med Setiawan, dr., AIF yang dibantu oleh dua rekannya yaitu Hanna dr., MKes., PhD., AIFO dan Dr. Nova Sylviana, dr. MKes., AIFO. Melakukan Peningkatan Pengetahuan Gizi Seimbang Dan Aktivitas Fisik Siswa MAN 2 Kota Bandung Sebagai Upaya Mencapai Tinggi Tubuh Ideal Pada Remaja.waktu pelaksanaan program ini dilaksanakan pada bulan Juli tahun 2019 dan berakhir pada bulan November.   

Tujuan dari pengembangan masalah tersebut ialah untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang lebih mendalam mengenai gizi seimbang dan modifikasi gizi dan aktivitas fisik kepada siswa MAN 2 Kota Bandung. Sehingga remaja mulai terbiasa dengan pola hidup sehat, khususnya sebagai upaya mengurangi angaka stunting di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar langsung di lingkungan bersama masyarakat, melatih untuk berpikir kritis dan kreatif, dan sebagai pengalaman Tri Dharma perguruan tinggi. 

Bentuk kegiatan yang dilakukan berupa mengisi kuisioner yang diberikan kepada 165 siswa yang terpilih dari seluruh kelas untuk mengukur seberapa besar pengetahuan dasar yang telah dimiliki mengenai topik tersebut, setelah mengisi kuisioner melakukan seminar interaktif tetapi sebelum memaparkan materi ditampilkan hasil pengukuran tingkat pengetahuan terlebih dahulu hal ini untuk membangun keingintahuan peserta terhadap materi yang disampaikan. Materi yang disampaikan pada seminar yaitu gizi seimbang dan modifikasi aktifitas fisik untuk mencapai tinggi badan ideal pada remaja. remaja. Asupan gizi seimbang ini membahas tentang rekomendasi takaran dan prinsip gizi seimbang, kondisi kantin dan jajanan di MAN 2 Bandung, dan kunci keamanan pangan jajanan untuk anak sekolah. Sedangkan, pemaparan aktivitas fisik lebih mengisukan stunting pada remaja, faktor yang memengaruhi tinggi badan, gaya hidup dan aktivitas fisik yang mendukung pertambahan tinggi badan. Setelah setiap sesi seminar, para siswa dipersilakan untuk menanyakan berbagai pertanyaan terkait tema yang dibawakan oleh kelompok KKNM.

Diharapkan setelah dilakukan program ini dapat diterapkan kegiatan lanjutan dari pihak sekolah bersama lembaga pendidikan, pemerintah, atau organisasi masyarakat untuk melakukan program jangka panjang seperti program pelatihan gizi seimbang,kantin sehat, dan olahraga bersama sehingga keterampilan siswa lebih diasah dankesadaran hidup sehat semakin optimal.

Penulis : Dr.med Setiawan, dr., AIF, Hanna dr., MKes., PhD., AIFO dan Dr. Nova Sylviana, dr. MKes., AIFO.

Artikel terkait