February 8, 2005

Pengaruh Pelatihan E-Learning Terhadap Motivasi Peserta Dalam Penggunaan Metoda E-Learning di Universitas Padjadjaran Bandung

Hanny Hafiar, S.Sos.,M.Si., Yanti Setianti, S.Sos dan Lilis Puspitasari, S.Sos.,M.Si.

Fakultas FIKOM, Sumberdana DIKS, Tahun 2005

Peranan teknologi dalam dunia pendidikan semakin penting. Hal ini dibuktikan dengan adanya metode pembelajaran melalui program e-learning di perguruan tinggi, yaitu metode pengajaran dengan menggunakan media internet. Untuk itu setiap perguruan tinggi berupaya untuk melatih staf edukatifnya agar mampu menerapkan metode ini di dalam kelas. Begitu juga di Universitas Padjadjaran Bandung. Pelatihan e-learning diperkirakan dapat menumbuhkan motivasi dosen untuk menerapkan metode ini dalam proses belajar mengajar. Untuk itu penelitian ini berupaya untuk mencari hubungan kausalitas di antara variabel yang diteliti. Peneltian ini menggunakan metode survei dan statistik uji menggunakan analisis jalur. Dari pengolahan data diperoleh hasil bahwa kredibilitas instruktur dan metode pelatihan berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap motivasi peserta pelatihan untuk menggunakan metode e-learning

Artikel terkait