November 1, 2009

Pengaruh Patronage Buying Motives Terhadap Proses Keputusan Wisatawan Untuk Mengunjungi Tempat Wisata Di Kabupaten Bandung Barat

Arianis chan, S.IP. M.Si., Herwan Abdul Muhyi, S.IP.M.Si, Tetty Herawaty, S.P., M.Si. Fakultas: ISIP Sumberdana: LITMUD Tahun: 2009 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang patronage buying motives, proses keputusan wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat dan pengaruh patronage buying motives terhadap proses keputusan wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Bandung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey dan eksplanasi assosiatif. Responden penelitian ini wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata yang menjadi unit analisis yaitu Gunung Tangkuban Perahu, Maribaya dan Situ Ciburuy. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan kusioner. Hasil dari pengolahan data ditampilkan dalam bentuk tabel frekuensi yang kemudian diberikan penjelasan dan interpretasi sebagai suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi patronage buying motives wisatawan yang terdiri dari unsur-unsur seperti lokasi wisata dinilai cukup menyenangkan dan cukup aman walaupun masih kurang bersih, fasilitas yang terdapat di lokasi wisata dinilai cukup lengkap walaupun kurang serasi dalam penempatannya dan beberapa fasilitas tidak terpelihara dengan baik, harga tiket masuk dan harga produk-produk yang dijual di lokasi wisata dinilai cukup murah dan karyawan dinilai cukup mampu tetapi masih kurang menarik dalam hal penampilan. Sedangkan kondisi proses keputusan wisatawan dalam mengunjungi tempat wisata telah melalui tahapan-tahapan dengan baik artinya mereka telah mengenali kebutuhan untuk berwisata dengan baik, melakukan pencarian informasi dan melakukan perbandingan tempat wisata, tetapi ketika memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata, wisatawan tidak yakin bahwa tempat wisata tersebut adalah yang terbaik. Secara umum wisatawan cukup puas terhadap tempat wisata. Alasan terbanyak dalam mengunjungi tempat wisata di Kabupaten Bandung adalah karena lokasi wisata yang mudah dijangkau dan harga tiket masuk yang murah Kata kunci: patronage buying motives, proses keputusan pembelian wisatawan, Kabupaten Bandung Barat

Artikel terkait