November 1, 2001

Pengaruh Motivasi Terhadap Prestasi Belajar (Studi Kasus Mahasiswa Program D-III (PAAP) Fakultas Ekonomi Unpad.

Joeliaty, SE.,MS, Siti Noni Evita,SE.,MS, Umi Kultum, SE Fakultas: EKONOMI Sumberdana: DIKS Tahun: 2001 Abstrak: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui motivasi serta prestasi belajar mahasiswa dan sampai seberapa jauh pengaruhnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan sifat penelitian deskriptif dan verifikatif. Data primer dikumpulkan dari 150 orang mahasiswa yang dijadikan responden, dimintai pendapatnya melalui kuesioner dan wawancara langsung. Data yang diperoleh kemudian diolah secara statistik dengan menggunakan metode regresi linier dengan tujuan utama untuk mengetahui koefisien determinasi yang mengukur pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Variabel motivasi belajar (X) dengan skala ordinal akan dirubah menjadi skala interval dengan method of successive interval. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa PAAP Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran memiliki tingkat motivasi belajar yang cukup tinggi, serta prestasi belajar cukup tinggi pula dengan rata-rata IPK sebesar 3,09. Dari hasil penelitian juga diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara motivasi dengan prestasi belajar mahasiswa sebesar 47,9%, sedangkan sisanya sebesar 52,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Untuk menumbuhkan motivasi belajar bagi mahasiswa PAAP yaitu : dengan menciptakan kebutuhan mereka atas aktivitas belajar, menempatkan mahasiswa dalam kondisi yang mau tak mau akan memaksaknya belajar, memberikan perlakuan baik dari dosen maupun administrasi dan setiap mahasiswa harus mempunyai kemampuan dan kemauan. Kata kunci:

Artikel terkait