November 26, 2005

Pencitraan Masyarakat Tentang TV Publik

Elvinaro Ardianto, Drs., M.Si., Kokom Komariah, Dra. dan Susie Perbawasari, Dra. Fakultas: FIKOM Sumberdana: DIKS Tahun: 2005 Abstrak: Penelitian ini berjudul “Pencitraan Masyarakat Tentang TV Publik “, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik sosio demografis, kesan, gambaran dan perasaan masyarakat tentang TV publik Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan instrumen penelitian angket, wawancara, dan observasi. Berdasarkan analisis dan pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Karakteristik sosiografis masyarakat terdiri dari jenis kelamin berimbang antara pria dan wanita, pendidikan responden sekolah menengah atas, pekerjaan karyawan swasta, dan penghasilan di bawah rata-rata, Kesan masyarakat sangat menggembirakan tentang perubahan TVRI menjadi TV publik, Masyarakat memiliki gambaran yang jelas tentang pebetapan TVRI menjadi TV publik, Masyarakat merasakan bahwa TV, publik lebih berorientasi mendidik dibanding dengan TV komersil yang ada, Masyarakat berharap layanan TV publik lebih pada kepentingan masyarakat, Masyarakat menilai adanya kontribusi material untuk terselenggaranya TV publik, seperti iuran TV dari masyarakat. Adapun saran dari penelitian ini adalah: Apresiasi masyarakat tinggi tentang kehadiran TV publik, perlu keseriusan dalam pengelolaanya, Perlu penanganan lebih profesional dalam mengelola iuran TV masyarakat’ dengan menyajikan tayangan yang berorientasi pendidikan, TV publik agar benar-benar dapat menjadi TV alternatif, di tengah “gemburan” TV komersial yang lebih mementingkan aspek bisnis dibanding mencerdaskan masyarakat Kata kunci:

Artikel terkait