October 10, 2019

Pembekalan mengenai Promosi Kegiatan Pariwisata Berkelanjutan di Dusun Munggang Gondang Desa Purbahayu

Desa Purbahayu merupakan salah satu desa pemasok gula merah terbanyak di wilayah pakidulan (selatan). Dengan mayoritas penduduk Purbahayu adalah pembuat gula merah, selain memiliki usaha sampingan mengolah sawah dan bercocok tanam lainnya. Desa Purbahayu pun memiliki lokasi potensial pariwisata alam, yakni air terjun yang berada di Dusun Munggang Gondang yang dinamakan Curug Jambe Enom atau Curug Jambe Anom.

Tim pengabdian Universitas Padjadjaran yang terdiri dari dosen dan mahasiswa yang berasal dari 5 fakultas berebeda memilih Dusun Munggang Gondang karena terdapat potensi pariwisata yang sangat menarik dan juga memiliki produk lokal, dan kearifan lokal yang masih sangat melekat. Namun pariwisata tersebut masih belum dikembangkan oleh warga setempat karena ada beberapa masalah.

Kegiatan yang dilakukan di Desa Purbahayu dan Dusun Mungganggondang yaitu yang FGD yang bertujuan agar diadakannya diskusi bersama kelompok tani untuk mengembangkan wawasan penduduk terhadap produk lokal yang ada di Dusun Muggang Gondang menjadi lebih kreatif. Selanjutnya melakukan pemasangan petunjuk jalan yang bertujuan supaya mempermudah para wisatawan yang akan berkunjung ke tempat Wisata Curug Cipingit dan Curug Jambe Anom sehingga tidak salah jalur. Terakhir melakukan pemasangan Infografis yang bertujuan untuk memberikan informasi yang terdapat di wilayah Dusun Muggang Gondang seperti produk lokal yang dihasilkan, Wisata yang terdapat di Dusun Muggang Gondang, dan informasi penting lainnya.

Dusun Munggang Gondang memiliki potensi pariwisata yang harus dikembangkan dan dikenal oleh masyarakat luas terutama para wisatawan yang berkunjung ke Pangandaran dengan cara mengenalkannya melalui sosial media, media cetak seperti brosur dan lain sebagainya. Selain itu Dusun Munggang Gondang memiliki produk lokal yaitu gula kelapa dan kopi, produk tersebut bisa diolah dan dijadikan produk khas Dusun Munggang gondang yang nantinya dapat dijadikan buah tangan dan dipasarkan di tempat wisata yang ada di dusun tersebut sehingga potensi dan produk yang dimiliki Dusun Munggang Gondang dapat meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat. Setelah pembekalan dari Tim PPM ini masyarakat dari Desa Purbahayu dan Dusun Mungganggondang bisa lebih mengembangkan potensi yang ada dan juga melakukan promosi kegiatan pariwisata dan produk lokalnya secara lebih luas lagi.

Artikel terkait