November 18, 2019

Pemanfaatan Limbah Domestik Sebagai Bahan Baku Kompos di RW 01 Desa Cinunuk Kabupaten Bandung

Desa Cinunuk saat ini memiliki potensi unggulan yang didominasi oleh sektor jasa, perdagangan, pertanian, dan seni budaya. Desa Cinunuk memiliki komposisi wilayah 30% persawahan dan 20% lading/perkebunan. Selain itu Desa Cinunuk memiliki 4.624 unit warung atau kios yang menjadi salah satu sumber pertumbuhan ekonomi Desa Cinunuk. Dalam kegiatan KKN ini, penulis berkesempatan mengintervensi RW 01 yang terletak pada dusun Cipadati. RW 01 sendiri merupakan RW yang memiliki potensi unggulan dari sektor pertanian dan perkebunan serta peternakan. Pada RW 01 dapat ditemukan lahan persawahan dan perkebunan yang banyak serta lokasi peternakan seperti kambing dan domba. RW 01 juga memiliki KWT (Kelompok Wanita Tani) yang mengembangkan sektor pertanian dan perkebunan dari RW 01.

Sesuai dengan kondisi sosio-ekonomi tersebut, terdapat potensi dari limbah domestik yang banyak dihasilkan oleh ibu rumah tangga serta warung/kios yang banyak didirikan di Desa Cinunuk terutama RW 01 yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku kompos. Pembuatan pupuk kompos dari limbah domestik selain bermanfaat untuk sektor pertanian dan perkebunan juga dapat bertujuan untuk mengurangi dampak dari limbah yang dibuang tanpa pengolahan terlebih dahulu.

Sebagian besar warga tidak mengolah limbah yang dibuang dengan cara dimasukkan kedalam kantong plastik kemudian dibuang atau langsung dibakar di pekarangan rumah. Warga tidak mengetahui bahwa limbah domestic dapat diolah dan dimanfaatkan sebagai kompos tanaman. Warga juga belum mahir membuat kompos yang dapat bermanfaat sebagai sumber nutrisi bagi tanaman. Disamping itu, sumberdaya limbah domestik apabila tidak dimanfaatkan dapat menjadi penyebab penyakit. Kondisi ini memerlukan pemahaman untuk mengelola sumberdaya tersebut melalui pemberian penyuluhan pembuatan kompos.

Sehingga tim PPM Universitas Padjdjaran (Unpad) melakukan pemanfaatan Limbah Domestik Sebagai Bahan Baku Kompos di RW 01 Desa Cinunuk Kabupaten Bandung. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan adalah untuk memberikan pelatihan kepada para petani mengenai pembuatan kompos berbahan dasar limbah domestik kepada warga RW 01 Desa Cinunuk, Kabupaten Bandung.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan di lahan percobaan Kantor Rukun Warga 01, Desa Cinunuk, Kabupaten Bandung. Durasi pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah satu hari pada tanggal 20 Juli 2019. Kegiatan telah dilaksanakan dengan memberikan materi dan praktek kepada warga khususnya anggota Gapoktan dan KWT (Kelompok Wanita Tani) mengenai kompos. Sebelum praktek pembuatan terlebih dahulu diberikan materi mengenai kompos dan bahaya limbah domestik. Setelah pemberian materi, peserta dipersilakan untuk mengikuti proses pembuatan kompos berbahan dasar limbah domestik.

Dari hasil kegiatan ini, dapat menyimpulkan bahwa antusiasme peserta dalam pelatihan ini amatlah baik. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 26 orang dari beragam latar belakang profesi. Selain itu terdapat juga partisipan yang mengikuti kegiatan ini karena berminat menjadi pengusaha pupuk kompos.Setelah melakukan peningkatan kompetensi dan pengetahuan warga mengenai pembuatan kompos berbahan dasar limbah domestik sehingga diharapkan masyarakat mampu mengurangi limbah domestik dan meningkatkan kualitas tanah pertanian di lingkungan Desa Cinunuk.

Penulis : Syariful Mubarok, S.P., M. Sc., Ph.D, Nadia Nuraniya Kamaluddin, S.P., M. Agr., Ph.D Eso Solihin, S.P., M.P.

Artikel terkait