November 27, 2001

Pelayanan Sosial Medis Dalam Penanganan Pasien di Rumah Sakit (Studi Kasus Mengenai Pelaksanaan Pelayanan Ditinjau Dari Aspek Pengelola dan Pengguna Jasa di Rumah Sakit Sartika Asih)

Dra. Teti Asiati, Dra. Hetty Krisnani, dr. Susi Suzana, SpA. Fakultas: PUSLIT KESEHATAN Sumberdana: DIKS Tahun: 2001 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran tentang pelayanan sosial medis di Rumah Sakit Sartika Asih, fasilitas pelayanan, model hubungan dokter-pasien dan tanggapan pasien terhadap pelayanan sosial medis tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif, dengan teknik survey. Populasi penelitian adalah dokter dan paramedis yang terlibat langsung dalam penanganan kasus dengan sampel sebesar 20, dengan cara bertahap. Tahap pertama terpilih 5 kasus secara acidental sampling dan tahap kedua secara purposive. Data diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner, observasi non partisipasi serta studi kepustakaan Analisa data kuantitatif dengan menggunakan tabel frekuensi dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas pelayanan sudah lengkap sesuai dengan kebutuhan Rumah Sakit Polri Tingkat III. Fasilitas pelayanan sosial berupa Unit Rehabilitasi Medis dan Asuhan Keperawatan tetapi belum berfungsi secara efektif, dan belum ada tenaga khusus yang menangani masalah non medis, sehingga dalam penanganan biasanya dilakukan oleh dokter dan perawat. Model hubungan dokter-pasien lebih kepada hubungan ayah-anak, sedangkan tanggapan pasien terhadap pelayanan sosial di rumah sakit cukup baik. Saran bagi Rumah Sakit adalah (1) membentuk tim pelayanan sosial medis yang terkoordinasi dari berbagai profesi, (2) menjalin model hubungan dokter-pasien yang setara, (3) mengangkat tenaga pekerja sosial medis dan membuat kebijakan tentang tugas dan wewenang pekerja sosial medis (4) meningkatkan fungsi dan peran Medico-social Rehabilitation Unit dan asuhan keperawatan. Kata kunci:

Artikel terkait