November 27, 2001

Pelayanan Melalui Komunikasi Interpersonal Terhadap Wisatawan di Cipanas Kabupaten Garut.

Drs. Slamet Mulyana, Drs. Iriana Bakti, M.Si, Drs. Teddy K. Wirakusumah Fakultas: FIKOM Sumberdana: DIKS Tahun: 2001 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) karakteristik personal yang terlibat dalam pelayanan pariwisata, (2) potensi dan pemanfaatan komunikasi interpersonal dalam pelayanan pariwisata, dan (3) faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan komunikasi interpersonal dalam pelayan pariwisata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif, dengan populasi adalah pihak yang terlibat dalam pelayanan pariwisata di Cipanas Garu. Responden berjumlah 50 orang, yang diperoleh melalui teknik sampling purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Personal yang terlibat dalam pelayanan pariwisata ditandai dengan karakteristik, sebagian besar berusia antara 21 – 40 tahun, pendidikan pada umumnya SLTA, sudah bekerja di atas 5 tahun, dan pengahasilan antara Rp. 500.000 sampai Rp. 1.000.000; (2) Sebagian besar responden berusaha untuk melakukan pelayanan pariwisata melalui komunikasi interpersonal; (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayan pariwisata yang terutama adalah kualitas sumberdaya manusia dan ketersedian fasilitas. Kata kunci:

Artikel terkait