November 20, 2019

Pelatihan Petani dalam Penggunaan Herbisida Berbasis Pertanian Berkelanjutan di Kecamatan Plered

Desa Sarabau dan Gamel adalah sebuah desa yang saling berdekatan berada di dataran rendah yang terletak di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon. Sebagian wilayah terdiri dari lahan pertanian serta fasilitas umum/perumahan penduduk. Sebanyak 31% dari warga yang bekerja adalah buruh tani dan sisanya petani, pegawai swasta dan pedagang. Salah satu masalah pertanian di Desa Sarabau dan Gamel adalah pengendalian organisme pengganggu yang berlebihan serta pengaplikasian pestisida yang tidak sesuai anjuran dan penggunaan. Maka dari itu diadakanlah kegiatan  penyuluhan dan pelatihan guna memberikan kosep dan pemahaman mendasar akan pentingnya pertanian berkelanjutan.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim pelaksana kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang diketuai oleh Prof. Dr. Denny Kurniadie, Ir., MSc dari Fakultas Pertanian Unpad. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan duakali yaitu pada 30 Maret 2019 sedangkan kegiatan praktek aplikasi herbisida serta praktek pembuatan kompos dilakukan pada 20 Agustus 2019. Penyuluhan dan praktek dihadiri oleh 40 orang, kemudian demonstrasi herbisidia pembuatan pupuk kompos dihadiri oleh 30 orang.

Kegiatan penyuluhan dan pelatihan aplikasi herbisidia atau pestisida serta pembuatan kompos merupakan salah satu usaha dalam program pengembangan pertanian berkelanjutan yang ramah lingkungan.  Kegiatan ternyata tidak hanya dilakukan oleh para peserta pelatihan tetapi juga dicontoh oleh petani-petani lain yang tidak sempat mengikuti penyuluhan dan pelatihan secara langsung.

Artikel terkait