November 30, 2019

Pelatihan Pemanfaatan Produk Minyak Atsiri Lokal Di Desa Pangadegan, Kec. Rancakalong, Kab. Sumedang

Masyarakat hanya mengetahui bahwa minyak atsiri digunakan sebagai bahan baku industri sehingga semua minyak atsiri yang dihasilkan langsung dijual ke tengkulak atau pembeli. Untuk meningkatkan daya guna dan nilai tambah minyak atsiri maka akan dilakukan pelatihan tentang pemanfaatan minyak atsiri yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Pangadegan sebagai bahan baku produk sehari-hari (lotion) .

            Kegiatan penjajagan program PPM integratif dan KKNM dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 15 April 2019, di Desa Pangadegan, Kecamatan Rancakalong, Kabupaten Sumedang. tim pelaksana kegiatan Pengabdian pada Masyarakat yang diketuai oleh Dr.,Ir. Sarifah Nurjanah M.Sc. dari Fakultas Teknologi Industri pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad) menemui Kepala Desa dan perangkat desa lainnya untuk menyampaikan surat pengantar kegiatan serta melakukan koordinasi kegiatan yang akan dilaksanakan. Hasil diskusi disepakati kegiatan pelatihan akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 2 Mei 2019.

            Berdasarkan hasil kunjungan lapangan komoditi lokal yang dapat dikembangkan adalah minyak atsiri sereh wangi. Pelatihan pemanfaatan minyak atsiri sereh wangi, Selain itu keberhasilan pelatihan juga ditunjukkan oleh adanya permintaan baik dari peserta maupun perangkat desa untuk menindaklanjuti pelatihan dengan kerjasama pengembangan minyak atsiri sereh wangi.

Artikel terkait