November 27, 2009

Pelaksanaan Bauran Pemasaran Jasa Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu Pada Kabupaten Bandung Barat

Ria Arifianti, S.IP., M.Si, Herwan Abdul Muhyi, Pratami Wulan Tresna Fakultas: ISIP Sumberdana: LITMUD Tahun: 2009 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bauran pemasaran jasa dilihat dari dimensi-dimensi produk, harga, tempat, promosi, bukti fisik, proses dan petugas di tempat wisata serta mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan bauran pemasaran jasa di Gunung Tangkuban Perahu, Kabupaten Bandung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah descrive dan survey. Sampel penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil dari pengolahan data ditampilkan dalam bentuk tabel frekuensi yang kemudian diberikan penjelasan dan interpretasi sebagai suatu kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pemasaran jasa pada umumnya dinilai baik oleh responden. Kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan bauran pemasaran jasa yaitu frekuensi promosi yang masih kurang, penggunaan media untuk promosi masih minim, tempat sampah yang masih kurang, terbatasnya pemandu wisata, tidak ada media untuk penyampaian kritik dan saran serta masih adanya image bahwa banyaknya pedagang asongan yang berkeliaran di lokasi wisata Kata kunci: implementasi bauran pemasaran jasa, wisata, Tangkuban Perahu

Artikel terkait