December 18, 2019

Optimalisasi Lahan Sawah Dan Lahan Ladang Dengan Aplikasi Soil Conditioner Silika Dan Bahan Organik Untuk Menunjang Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Lebih Baik Dilaksanakan Di Desa Cisalak Kec. Cibeber Kab. Cianjur

Upaya peningkatan hasil panen tidak lepas dari hubungan sifat tanaman dengan kondusifitas lingkungan tumbuh yang meliputi lingkungan biotik dan abiotik. Interaksi genetik dan lingkungan akan menghasilkan fenotipik tanaman sesuai dengan responnya. Dalam penelitian ini telah dan akan dilakukan evaluasi pertumbuhan tanaman padi sawah dan cabai yang akan meliputi respon fisiologis dan agronomis tanaman. Disisi lain faktor lingkungan biotik berupa bahan organik dan mikroorganisme dalam tanah mampu meningkatkan pertumuhan tanaman khususnya dalam kondisi cekaman air. Kandungan bahan organik yang mencukupi di dalam tanamah akan meningkatkan kapasitas tukar kation (KTK) serta kapasitas pegang air (water holding capacity).

Sehingga pada kegiatan PKM ini akan menilai respon tanaman dalam kondisi anah yang kaya akan faktor biotik seperti bahan organik. Korelasi kegiatan penelitian dengan PKM ini adalah bagaimana memahami kombinasi soil conditioner dan pupuk organik untuk perbaikan biologis tanah sehingga mampu mempertahankan pertumbuhan tanaman dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan dari bulan juni tahun 2019 hingga bulan agustus 2019. kegiatan ini dilaksanakan di Desa Cisalak Kec. Cibeber Kab. Cianjur.

Sebanyak 7 orang mhasiswa terlibat dalam kegiatan KKNM terintegrasi dengan PKM dosen. Selama satu bulan mahasiswa melakukan kegiatan yang meliput survey lapangan pada minggu awal, observasi dan penyususnan agenda kegiatan KKNM, enyebaran angket ke pentani dan peninjauan demplot tanaman kacang panjang di lahan milik penatani penyelenggaraan kegiatan penyulihan tentang Optimalisasi Lahan Sawah dan lahan ladang dengan aplikasi soil conditioner Silika dan bahan Organik untuk menunjang pertumbuhan dan hasil tanaman lebih baik dilaksanakan aula di Desa Cisalak Kec. Cibeber Kab. Cianjur.

Aplikasi pupuk silika dengan pupuk organik telah dilakukan di lahan milik petani di sekitar balai desa Cisalak, ada beberapa perlakukan yang diamati yaitu sample tanaman kacang panjang yang diberikan pupuk silika dan pupuk organik serta tanaman kacang panjang yang hanya diberikan pupuk anorganik NPK seperti yang biasa dilakukan oleh petani. Tampak peran pupuk silika sebagai soil conditioner berdampak positif lebih baik terhadap pertumbuhan tinggi tanaman dan jumlah daun tanaman kacang panjang dibandingkan dengan pertumbuhan kacang panjang tanpa pemberikan silika dan pupuk organik. Setelah melakukan demplot dilapangan, kegiatan selanjutnya adalah mensosialisasikan peranan pupuk organik dan soil conditioner kepada para petani Desa Cisalak yang dilakukan di aula balai desa.

Diharapkan setelah kegiatan ini dilaksanakan ilmu yang disampaikan bisa bermanfaat bagi para petani Desa Cisalak dan ilmu tersebut bisa di terapkan oleh para petani sehingga hasil tanaman bisa lebih baik lagi.

Penulis : Dr. Agr. Mochamad Arief Soleh, S.P., M.Agr.Sc., Dr. Santi Rosniawaty, S.P. M.P., Intan Ratna Dewi A, S.P. M.P.

Artikel terkait