February 14, 2005

Kajian Pengaruh Geometri Dan Sistem Transport Gas Pada Anoda Untuk Menghasilkan Sel Oxide Fuel Cell Berkinerja Tinggi

Dr. Irwan Ary Dharmawan Kusnahadi Susanto, S.Si Dini Fitriani, S.Si., MT Fakultas: MIPA Sumberdana: STRATEGIS NASIONAL Tahun: 2009 Abstrak: Pemodelan transport gas multikomponen (H2, N2, H2O) dalam Sel Bahan Bakar Oksida Padatan (SOFC) telah dilakukan dengan menggunakan metoda Lattice Boltzmann (LB) yang telah dimodifikasi. Metoda LB dapat mensimulasikan difusi gas dalam struktur media berpori yang kompleks dengan komponen-komponen gas yang mempunyai perbedaan berat molekul. Struktur anoda yang berpori, tempat dimana transport gas terjadi, diperoleh dengan menggunakan pencitraan dari SEM yang kemudian dikonversikan menjadi bentuk digital dan digunakan sebagai input oleh model LB. Pengaruh dari struktur geometri, khususnya porositas, dan mol fluks dari H2 sebagai bahan bakar dan H2O sebagai produk telah dikaji. Hubungan antara transfer massa dan konsentrasi polarisasi dalam anoda dijelaskan secara detil. Prediksi konsentrasi polarisasi menggunakan metoda LB divalidasi dengan studi sebelumnya dan menunjukkan hasil yang sesuai. Dengan kemampuannya dalam mengadopsi informasi geometri yang sangat detil, model LB dapat digunakan untuk mendesain dan mengoptimisasi elektroda SOFC tanpa harus memodifikasi koefisien difusi, porositas media dan tortuositas Kata kunci: Geometri, Sistem Transport Gas, Sel Oxide Fuel Cell

Artikel terkait