February 18, 2007

Kajian Faktor-Faktor yang Menyebabkan tidak Optimalnya Pengelolaan Sta Bayongbong di Kabupaten Garut

Anne Charina, SP.,MT, Tuti Karyani, Ir,MSP, Rani Andriani Budi Kusumo,Sp Fakultas: PERTANIAN Sumberdana: LITMUD Tahun: 2007 Abstrak: Penelitian dilakukan selama delapan bulan di Desa Ciandum. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan petani kelapa di Desa Ciandum dalam memilih saluran pemasaran untuk penjualan kelapa dan menge-tahui bagaimana peranan koperasi sebagai wadah pemasaran kelapa di Desa Ciandum. Penelitian ini menggunakan metode survey explanatory, dengan melakukan pendekatan desk research dengan kajian lapangan. Data dianalisis secara deskriptif untuk membuat gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan fenomena yang diteliti secara objektif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa faktor yang paling berperan bagi petani di Desa Ciandum dalam mema-sarkan kelapa adalah faktor ekonomi. Kebutuhan akan uang tunai dalam waktu yang singkat membuat petani memilih lembaga pemasaran yang dinilai mampu memenuhi kebutuhan tersebut, dalam hal ini adalah pedagang pengumpul desa. Keberadaan koperasi di Desa Ciandum dinilai belum berjalan secara efektif, sehingga koperasi tidak bisa bersaing dengan pedagang pengumpul yang menguasai informasi pasar dan permodalan Kata kunci:

Artikel terkait