December 23, 2019

Implementasi Nanobubble untuk Pengolahan Air di Desa Bojong: Sosialisasi dan Pelatihan

Peningkatan Kualitas air dengan nanobubble di Desa Bojong merupakan program Pengabdian kepada Masyarakat yang telah dilakukan sesuai dengan target yang telah ditentukan, yaitu implementasi nanobubble untuk pengolahan air dan sosialisasi serta pelatihan kepada masyarakat Desa Bojong. 

Hal yang menjadi ancaman di Desa Bojong adalah kurangnya sumber air dan sumber air bersih. Kurangnya pengetahuan masyarakat Desa Bojong dalam pengolahan air bersih membuat warga Desa Bojong hanya mengandalkan tadah hujan. Tim peneliti PRINT-G telah berhasil membuat generator nanobubble yang dapat diimplementasikan untuk aplikasi wastewater treatment. 

Salah satu realisasi pemecahan masalah adalah dengan memberikan pengetahuan dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengolah air kotor (grey water) menjadi air bersih. Kegiatan ini akan dilakukan bersamaan dengan kegiatan KKN mahasiswa, sehingga mahasiswa juga dapat turut serta mengaplikasikan generator nanobubble di masyarakat.

Tim telah berhasil mengembangkan generator nanobubble, oleh karena itu, sebagai implementasi penelitian, PKM dan KKN generator nanobubble yang telah dibuat akan diaplikasikan untuk wastewater treatment di Desa Bojong, Kabupaten Bandung untuk mengatasi kekurangan air bersih.

Artikel terkait