Asty Samiaty Setiawan, drg, Cucu Zubaedah, Dra., M.Kes dan Hj. Netty Suryanti, drg, MARS Fakultas: KEDOKTERAN GIGI Sumberdana: DIKS Tahun: 2005 Abstrak: Fasilitas kesehatan termasuk sarana dan prasarana di rumah sakit mempunyai peranan penting dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan kesehatan. Kepuasan pasien terhadap fasilitas kesehatan yang terdapat pada Poliklinik Rawat Jalan di rumah sakit merupakan salah satu indikator kualitas pelayanan yang diberikan. Kepuasan pasien terhadap fasilitas kesehatan dapat dinilai dengan melihat sejauh mana fasilitas yang diberikan sesuai dengan harapan yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran sejauh mana hubungan antara fasilitas kesehatan terhadap kepuasan pasien yang berobat di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Hasan Sadikin Bandung. Hasil penelitian terhadap 173 responden dianalisa dengan menggunakan skala likert dan diuji dengan uji korelasi “Spearman” untuk melihat hubungan antara variabel fasilitas kesehatan dan kepuasan pasien yang berobat ke Poliklinik Rawat Jalan RSHS. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian responden terhadap fasilitas kesehatan yang terdapat di Poliklinik Rawat Jalan memiliki tingkat kepuasan responden sebesar 73,52% dan adanya korelasi yang tinggi antara variabel fasilitas kesehatan dan kepuasan pasien Kata kunci:
idris
[utech_latest_posts category=’idris’]