December 12, 2019

Dosen Unpad Meningkatkan Keterampilan Pemasaran Online di Pesantren Istana Dhuafa

Tim Program Pengabdian Masyarakat (PPM) Universitas Padjadjaran (Unpad) yang diketuai oleh Dr. Yevis Marty Oesman dan beranggotakan Dr. Arief Helmi; dan Dr. Umi Kaltum melakukan kegiatan pengabdian dalam meningkatkan keterampilan pemasaran online yang dilakukan di Pesantren Istana Dhuafa berlokasi di Bandung Barat. Pesantren Istana Dhuafa dipilih oleh tim PPM Unpad lantaran pesantren ini memiliki potensi besar untuk dikembangkannya kegiatan usaha yang telah dijalani sebelumnya.

Tim PPM melakukan tiga bentuk kegiatan pelatihan antara lain: pelatihan motovasi bisnis, pelatihan pemasaran,dan keterampilan pemasaran online. Tim PPM   mengadakan sosialisasi dan pelatihan  tentang  sikap  dan  pola  pikir  terkait  pemasaran  online, pemberian  gagasan  inovasi-inovasi  produk  untuk  menarik  minat  pembeli  seperti  rasa, kemasan, dan lain-lain, sosialisasi pengembangan kegiatan jangka  panjang,   menjalin  kerjasama  dengan  instansi  atau  lembaga  pemerintah  agar  dapat  meningkatkan efektifitas penjualan, membuat  web/akun  sosial  media  sendiri  agar  produk  yang  akan  mereka  jual  dapat disebarluaskan dan menarik perhatian banyak masyarakat luar, memperkenalkan  pentingnya  e-commerce  dalam  membantu  pemasaran  online  di  era  digital.

Tahap pertama, tim melakukan Pelatihan motivasi bisnis berupa pemberian orientasi kepada para santri. Dalam memanfaatkan peluang dan tantangan berbisnis. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini para santri mampu membaca peluang bisnis dan mampu merencanakan produk serta  memulai bisnis dengan modal yang kecil.

Tahap kedua tim melakukan pelatihan pemasaran, para santri mendapat penjelasan tentang konsumen serta program pemasaran, yang meliputi program produk, harga, distribusi dan promosi. Diharapkan dengan materi pemasaran, para santri mampu secara kreatif merencakan produk, harga, promosi dan distribusi yang dapat memenuhi harapan konsumen.

Tahap ketiga, dan merupakan inti dari kegiatan PPM, tim melakukan pelatihan pemasaran online, para santri dilatih secara praktek bagaimana dapat menggunakan media internet/online untuk penjualan produk. Materi yang diberikan kepada para santri yaitu Langkah-langkah Pemasaran Online Kerupuk Kulit Nuha Pesantren Istana Dhuafa di platform penjualan online (Tokopedia/shopee/IG). Langkah-langkahnya meliputi registrasi akun di marketplace agar memiliki toko online, verifikasi nomer agar terdaftar pada akun masing-masing, sehingga akun dapat digunakan, membuka toko dengan memasukan data-data yang diperlukan, dan yang terakhir memasukkan produk dengan memasukan gambar, kegunaan produk, keunggulan produk, manfaat produk, dan hal-hal seputar produk tersebut yang dianggap berbeda dari penjual lainnya. Jika produk yang telah diedit maka produk tersebut di upload agar bisa dilihat oleh calon pembeli.

Artikel terkait