February 14, 2005

Aplikasi Analisis Faktor Dalam Quality Function Deployment (QFD) Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Laboratorium Tugas Akhir Jurusan Statistika UNPAD

I Gede Nyoman Mindra Jaya, S.Si., Zulhanif, S.Si dan Bertho Tantular S.Si. Fakultas: MIPA Sumberdana: DIKS Tahun: 2005 Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan Laboratorium Tugas Akhir Jurusan Statistika Unpad serta merencanakan strategi peningkatan kualitas pelayanan dengan menggunakan Metode Quality Function Deployment (QFD). Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif eksploratori. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi lapangan, pustaka, wawancara dan kuesioner. Teknik sampling dilakukan dengan purposive sampling dengan mengambil sampel sebanyak 100 orang mahasiswa angkatan 2001 dan 2002 yang terdaftar sebagai peserta Tugas Akhir. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis faktor eksploratori dan metode Quality Function Deployment. Hasil analisis faktor menunjukkan terdapat delapan dimensi yang mendasari kebutuhan mahasiwa terhadap kualitas pelayanan laboratorium TA yaitu dimensi Responsiveness Assisstant, Kenyamanan Ruangan, Fasilitas Lab, Assurance Assistant, Ketepatan Pemanfaatan Lab, Komputasi, Penerangan dan Kebersihan. Untuk merespon dimensi ini, pihak jurusan harus mengembangkan tujuh karakteristik teknis yaitu Tingkat Empaty, Tingkat Assurance, Tingkat Reliability, Tingkat Responsiveness, Investasi, Pemeliharaan Fasilitas dan Tata Tertib Penggunaan. Prioritas karakteristik teknis terletak pada investasi dimana investasi akan mampu memenuhi 25,9% kebutuhan mahasiswa akan pelayanan Laboratorium Tugas Akhir Kata kunci:

Artikel terkait