February 8, 2006

Analisis Swot terhadap Format Baru Kompas

Nunik Maharani Hartoyo,S.Sos, Laswani, Dra., M.Si dan Henny Sri Mulyani, Dra., M.Si Fakultas: FIKOM Sumberdana: DIPA RUTIN Tahun: 2006 Abstrak: Judul penelitian adalah Analisis SWOT terhadap Format Baru Kompas. Fokus penelitian adalah untuk mengetahui apa latar belakang Kompas tampil dengan format baru serta faktor strategis apa yang memengaruhi Kompas tampil sehubungan dengan format barunya. Metode penelitian ini menggunakan analisis SWOT terhadap berbagai faktor yang bisa mempengaruhi kinerja perusahaan. Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan yang dapat memaksimalkan kekuatan (strengths) dan peluang (opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (weaknesses), dan ancaman (threats). Hasil analiisis strategi desain Kompas adalah menempatkan fungsionalitas sebagai sesuatu yang utama, melalui navigasi, tipografi, serta kode warna, dengan harapan wajah baru Kompas dapat mencerminkan sebuah Indonesia Baru, yang kini penuh energi dan gairah kaum mudanya. Tidak lagi kaku dan membosankan. Format baru juga mengusung ide bahwa Kompas bisa dinikmati secara

Artikel terkait