February 18, 2005

Analisis Profitabilitas dan Strategi Pengembangan Usaha Sate, Bandeng (Chanos chanos Forks) di Kabupaten Serang,

Hepi Hapsari, Ir.,MS., Endah Djuwendah, SP.,M.Si. dan Lucyana Trimo, Ir.,MSIE Fakultas: PERTANIAN Sumberdana: DIK Tahun: 2005 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat profitabilitas usaha, faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadi sumber kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi usaha sate bandeng, dan strategi pengembangan usaha sate bandeng. Metode yang digunakan adalah survei dan teknik pemilihan responden secara purposif terhadap 10 pengrajin sate bandeng yang dibagi dalam kelompok pengrajin sate bandeng ukuran kecil dan besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas usaha sate bandeng untuk kedua ukuran produk adalah positif dengan tingkat profitabilitas sate bandeng ukuran besar lebih tinggi daripada ukuran kecil karena selain biaya produksi juga harga jualnya jauh lebih tinggi. Titik impas produksi sebesar 12,85 tusuk/proses produksi atau nilai penjualan Rp 45.115,00 ada kelompok pengrajin sate ukuran kecil dan 2,75 tusuk/proses produksi dengan nilai penjualan Rp 30.904,19 pada kelompok pengrajin sate ukuran besar, sedangkan rasio penerimaan terhadap biaya (R/C) pada kedua kelompok pengajin sate bandeng masing-masing adalah 1,23 dan 1,71. Dengan tingkat profitabilitas tersebut usaha sate bandeng sangat potensial untuk dikembangkan. Strategi pengembangan yang sesuai dengan kondisi lingkungan adalah pertahankan dan pelihara dengan strategi terbaik berupa penetrasi pasar Kata kunci: usaha sate bandeng, profitabilitas usaha, strategi pengembangan usaha

Artikel terkait