February 18, 2009

Analisis Pemasaran Patin Siam Dengan Metode Reactive Programming Di Waduk Saguling Kabupaten Bandung Barat

Indah Riyantini, M.Si, Ichsan Darmawan, MT, Ine Maulina, S.Pi., MT Fakultas: PERIKANAN Sumberdana: LITMUD Tahun: 2009 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran yang digunakan pembudidaya patin siam dalam memasarkan produksinya di Kabupaten Bandung Barat. Penentuan saluran pemasaran yang efisien dalam pemasaran ikan patin siam dapat dianalisis melalui analisis reactive programming dan marjin pemasaran pada setiap saluran pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dengan wawancara langsung terhadap 10 pembudidaya di waduk Saguling desa Bongas, Bandung, 2 pedagang pengumpul, 3 pedagang besar, 10 pedagang pengecer dan 19 konsumen. Terdapat tiga saluran pemasaran yang dilalui oleh pembudidaya ikan patin siam di Desa Bongas yang didominasi oleh pembudidaya dari Ugrem. Saluran pemasaran yang banyak digunakan dalam pemasaran ikan patin siam adalah saluran pemasaran-1, yaitu: pembudidaya

Artikel terkait