February 18, 2009

Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Pelaksanaan Bauran Pemasaran Desa Wisata Tanaman Hias di Kab. Bandung Barat

Erna Rachmawati,SP, MSi, Tuti Karyani, Endah Djuwendah, SP.,Msi Fakultas: PERTANIAN Sumberdana: LITMUD Tahun: 2009 Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mengidentifikasi faktor-faktor bauran pemasaran yang paling mempengaruhi keputusan konsumen mengunjungi desa wisata tanaman hias di Kabupaten Bandung Barat, (2) menganalisis penilaian konsumen dan tingkat kepuasan konsumen terhadap pelaksanaan bauran pemasaran desa wisata tanaman hias di Kabupaten Bandung Barat, dan (3) menyusun strategi-strategi pemasaran dalam mempertahankan pelanggan dan memberikan kepuasan konsumen desa wisata di masa yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengukur tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen di dalam mengunjungi desa wisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut potongan harga dan sarana parkir adalah atribut yang dirasa sangat penting oleh konsumen tetapi belum dilaksanakan sepenuhnya oleh pengelola desa wisata. Keragaman dan kualitas produk adalah atribut-atribut yang dinilai penting dan dirasakan sudah baik dalam pelaksanaannya. Atribut iklan dinilai tidak begitu penting oleh konsumen dan pelaksanaannya pun kurang baik. Atribut mengenai kesesuaian harga dan akses menuju lokasi dirasakan tidak penting oleh konsumen tetapi pihak pengelola desa wisata telah melaksanakannya dengan baik. Hasil penelitian tingkat kepuasan konsumen dalam mengunjungi desa wisata adalah sebesar 80 persen. Hasil tersebut menunjukkan bahwa konsumen yang mengunjungi desa wisata telah puas terhadap pelaksanaan bauran pemasaran 4 P yang diteliti. Kata kunci: : bauran pemasaran, Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfication Index (CSI)

Artikel terkait