February 7, 2005

Analisis Economic Exposure dan Determinannya pada Industri Barang Konsumsi di Indonesia (Agustus 1997 – Juni 2003)

Fitri Hastuti, SE.,M.Si., Ari Tjahyawandita, SE.,M.Si. dan Wawan Hermawan, SE.,MT. Fakultas: EKONOMI Sumberdana: DIKS Tahun: 2005 Abstrak: Tujuan utama dari penelitian adalah untuk menjawab pertanyaan mengenai sensitifitas market value perusahaan terhadap perubahan nilai tukar atau biasa disebut economic exposure, terutama pada industri barang konsurnsi di Indonesia. Secara khusus penelitian ini berusaha untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar economic exposure pada industri barang konsumsi di Indonesia; bagaimana dan seberapa besar economic exposure pada sub-periode yang berbeda, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang menentukan elastisitas economic exposure pada industri barang konsumsi di Indonesia. Untuk mendapatkan jawabannya, penelitian ini menggunakan dua model utama, yaitu first stage regression yang diestimasi dengan pendekatan ordinary least square dan second stage regression dengan estimasi fixed effect menggunakan pendekatan Generalized Least Square, pada saham perusahaan HMSP, INDF, KLBF, dan SUBA selama periode Agustus 1997 hingga Juni 2003. Hasil estimasi dari first stage regression menunjukkan besaran elastisitas dan arah economic exposure dari 5 perusahaan sampel selama periode sampel dan sub

Artikel terkait